Kamis, 03 Maret 2011

Turonggo Mego Budoyo

Dari Sumberejo Mewarnai Wisata Kebutuhan Kediri
Kesenian jaranan adalah salah satu kekayaan budaya yang kita punyai untuk itu kita wajib menjaga,  melestarikan sekaligus mengembangkan kesenian jaranan ini, demikian kepala kata kepala Desa Sumberejo kecamatan Ngasem Hartoyo saat di kunjungi hapraindonesis di kediamannya terkait pandangannya mengenai kesenian jaranan beberapa hari yang lalu. 
Hartoyo yang didampinginya Ketua BPD (Badan Pemusyaratan Desa) desa Sumberejo Sugeng mengatakan bahwa kehadiran kesenian jaranan Turonggo Mego budoyo didesanya akan mengisi kekayaan kesenian yang ada ddi desanya dan hal itu adalah hal yang sangat positif. 
“Keberadaan Seni Jaranan Turanggo Mego Budayo di desa tersebut, baik Hartoyo maupun Sugeng berharap generasi muda di desanya dapat menyalurkan bakat, seni serta kreatifitasnya” Ujarnya. 
“Dengan berlatih dan mendapat pembinaan, keberadaan Seni Jaranan Turanggo Mego Budayo akan dapat mengangkat dan mengharumkan nama Desa Sumberejo” Harapnya. 
Hartoyo juga menyadari bahwa untuk mewujudkan kesenian jaranan membutuhkan dana yang besar apa lagi untuk mengembangkannya, karena personil dari kesenian Jaranan yang banyak, juga peralatan dari gamelan dan kelengkapan lain memerlukan dana yang tidak sedikit. 
Untuk itu menurut Hartoyo dibutuhkan seorang tokoh yang dapat mengangkat kesenian jaranan tersebut, karena dengan biaya besar dan di tangani dengan baik maka akan dapat mengangkat nama desa dan Kediri pada umumnya. 
Kesenian jaranan sangat di gemari oleh masyarakat dari segala usia dan golongan masyarakat, dan terakhir Hartoyo atas nama warga desa Sumberjo mengucapkan terima kasih atas bergabungnya kesenian Jaranan Turonggo Mego Budoyo ke desa Sumberejo dan berharap kesenian jaranan Turonggo Mego Budoyo dapat sukses dan berjaya. Selain itu perhatian Pemkab Kediri, khususnya Dinas Pariwisata Seni dan budaya (Dinas Parsebud) bisa menyalurkan seni jaranan segai salah satu ‘menu’ sajian kunjungan wisata di Kabupaten Kediri. (GALUH/C@HYO/WEST).
Berita Terkait

Info Pilihan

  © HAPRA INDONESIA Media Group ...Berani.Cerdas . Realistis

Ke : HALAMAN UTAMA